Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia telah suskse melaksanakan “Workshop Penyusunan SPMI (Penguatan Akreditasi Institusi melalui PD-Dikti pada PTKI di Kopertais XV Provinsi Lampung) Undangan Bimtek disampaikan resmi oleh  Kementerian Agama Republik Indonesia Direktorat Jenderal Pendidikan Islam kepada seluruh Rektor/Ketua dan Lembaga Penjamin Mutu (LPM) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) Kopertais Wilayah XV Lampung.

Bimtek Penyusunan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) pada PTKIS Kopertais XV Lampung tersebut dilaksanakan pada hari Senin sampai Rabu, 15-17 Mei 2023 di Hotel Novotel Bandar Lampung dan berjalan sukses. Bimtek SPMI ini menurut Direktur Diktis Prof. Zainul Hamdi sebagai salah satu solusi untuk menjawab berbagai permasalahan pendidikan tinggi di Indonesia dalam meningkatkan mutu kualitas Tri Dharma PTKIS. Selain itu, SPMI dianggap mampu untuk menjawab tantangan pendidikan tinggi.

Acara Bimtek ini dihadiri oleh kurang lebih 55 peserta dari seluruh perwakilan PTKIS di wilayah Kopertais Wilayah XV Lampung beserta perwakilan dari Diktis, Kasubdit Kelembagaan dan Kerjasama, Subkoordinator, JFT/JFU dan PPNPN Subdit Kelembagaan dan Kerjasama, Koordinator Kopertais XV Lampung, Sekretaris Kopertais XV Lampung serta Mentor Profesional Dr. Hilmi Syaifuddin, M.Fil.I., Dr. Fajri Ismail, M.Pd., Rosihan Aslihuddin, M.AB. yang merupakan tim Best-Q Institut yang bekerja sama dengan Kementerian Agama RI.

Pada Pukul 19.30 WIB acara Bimtek SPMI resmi dibuka oleh Direktur Diktis Prof. Zainul Hamdi dan sambutan Ketua Kopertais Wilayah XV Prof. Wan Jamaluddin, Ph. D. Penjelasan teknis Bimtek SPMI selanjutnya disampaikan oleh Dr. Helmi Syaifuddin, M. Fil selaku Mentor dari Best-Q Institut, menurutnya bahwa mendirikan sebuah perguruan tinggi bukan suatu hal yang mudah, maka tugas utama kedepan adalah merawat dan meingkatkan mutu kualitas akaedemik melalui SPMI.

Pelaksanaan Bimtek SPMI keesokan harinya oleh Tim Mentor dari Best Q Institut dengan penyampaian materi teknis penyusunan draft Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang terdiri dari 4 komponen yakni Kebijakan SPMI, Manual SPMI, Standar SPMI dan Formulir SPMI dengan implementasi PPEPP dan berakhir pada tanggal 17 Mei 2023

Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan pemahaman peserta dari masing-masing perwakilan PTKIS dalam merumuskan dan mengimplementasikan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) pada perguruan tingginya masing-masing.

Harapan besar Worshop Penyusunan SPMI dapat memberikan peningkatan mutu PTKIS dan dapat memenuhi kriteria-kriteria yang belum terpenuhi melalui implementasi dokumen SPMI dan sesuai standar.

Demikian acara ditutup dengan memberikan kesempatan kepada salah satu perwakilan peserta untuk dapat memberikan feedback mengenai pelaksanaan workshop penyusunan SPMI ini. Feedback positif disampaikan oleh perwakilan peserta karena mengingat rasa kepuasan peserta, salah satunya terkait materi yang disampaikan oleh mentor sangat jelas dan sistematis, terlebih disertai contoh-contoh ril hingga praktek penyusunan draft dokumen SPMI disertai pendampingan langsung.

By: Dr. Nurkholis, Lc., M.A.
Edt: Muhammad Irham, M.Pd.