Profil Lembaga Penjamin Mutu (LPM)

STIT Darul Fatah Bandar Lampug

 Lembaga Penjaminan Mutu STIT Darul Fattah adalah elemen yang diharapkan berperan untuk memperjelas, menumbuhkan, mengkonsolidasi, mempercepat, mensistematisasikan serta melembagakan gerakan mutu pendidikan tinggi.

Sejarah LPM

Setiap Perguruan Tinggi dituntut untuk bekerja dengan mengacu kepada standar mutu. Perguruan tinggi yang bermutu umumnya lahir karena komitmen luar biasa para pemimpinnya, bersama para dosen, tenaga kependidikan, juga para mahasiswanya. Yaitu suatu komitmen tinggi yang kemudian diwujudkan secara jelas dalam visi, misi, tujuan, rencana strategis, standar yang ingin capai, kepemimpinan, organisasi, sumberdaya serta kerjasama. Untuk meningkatkan mutu peranannya dalam dunia akademik dan sosial, STIT Darul Fattah Bandar Lampung terus berbenah diri.

Ketua : 

Sekertaris :

 

Visi
Lembaga akselerasi sistem peningkatan dan penjaminan mutu STIT Darul Fattah Bandar Lampung untuk memastikan kepuasan lulusan dan stakeholders

Misi

  • Mengembangkan standarisasi output, input dan proses perguruan tinggi
  • Meningkatkan dan memastikan kualitas dosen, mahasiswa, kurikulum, pembelajaran, fasilitas belajar, dan iklim ilmiah/riset
  • Menyelenggarakan kegiatan pengkajian, evaluasi, audit dan akreditasi program studi dan institusi
  • Menyampaikan temuan hasil pengkajian dan evaluasi serta merekomendasikan kebijakan pengembangan mutu akademik dan institusi kepada pihak yang berkepentingan

Tugas Pokok dan Fungsi LPM

Tugas Pokok

Lembaga Penjaminan Mutu  yang selanjutnya disebut LPM mempunyai tugas mengkoordinasikan, mengendalikan, mengaudit, memantau, menilai, dan mengembangkan mutu penyelenggaraan kegiatan akademik.

Fungsi LPM

Fungsi LPM adalah sebagai berikut:

  • Pelaksanaan penyusunan rencana, evaluasi program dan anggaran, serta pelaporan;
  • Pelaksanaan pengembangan mutu akademik;
  • Pelaksanaan audit, pemantauan, dan penilaian mutu akademik; dan
  • Pelaksanaan administrasi lembaga.

Kegiatan LPM
Berdasarkan visi, misi, tujuan di atas, maka kegiatan utama yang menjadi mandat institusional LPJM adalah:

  • Pengembangan sistem jaminan mutu dan standar mutu;
  • Perumusan kebijakan, perencanaan, dan implementasi kebijakan mutu;
  • Sosialisasi kebijakan dan standar mutu;
  • Akreditasi, Sertifikasi, Monitoring, evaluasi, dan audit untuk perbaikan mutu secara berkelanjutan;
  • Pengolahan data, dokumentasi dan publikasi hasil mutu;
  • Kerjasama dan koordinasi untuk pengembangan dan peningkatan mutu